Barca Permalukan Madrid

Fantastis! Tidak salah jika pertemuan Real Madrid kontra Barcelona disebut El Clasico. Di Estadio Santiago Bernabeu, permainan memikat diperagakan kedua tim namun Barca begitu digdaya. Los Blaugrana mempermalukan rival abadinya itu dengan skor 6-2 (3-1) di jornada 34 La Liga, Sabtu (2/5) atau Minggu dinihari WIB.

Sebuah langkah raksasa bagi Barca untuk bisa merebut gelar juara dengan meluluhlantakkan Los Merengues. Dengan menguasai singgasana klasemen lewat keunggulan tujuh poin, Barca memastikan gelar untuk ke-19 kalinya jika akhir pekan nanti mengalahkan Villarreal, sedangkan Madrid kalah dari Valencia.

Sebagai unit tim, performa Barca di El Clasico jilid ke-158 patut diacungi jempol. Demikian pula dengan aksi individu pemainnya. Lionel Messi dan Thierry Henry masing-masing menyumbang dua gol. Sedangkan dua lainnya dihasilkan duet palang pintu Carles Puyol dan Gerard Pique. Sedangkan pencetak gol buat Madrid adalah Gonzalo Higuain dan Sergio Ramos.

Musim lalu Barca punya kenangan pahit di Bernabeu. Memberi penghormatan buat para pemain Madrid, di akhir petandingan Barca dihajar 4-1. Tapi kali beda cerita. Barca begitu superior. Babak pertama dimulai kedua kesebelasan langsung gas-pol.

Memasuki menit ke-14, Madrid yang sedang berada dalam form terbaik memimpin melalui sundulan Higuain. Berawal dari determinasi di sisi kanan, Sergio Ramos mengirim umpan crossing dan disambar Higuain yang berdiri tanpa kawalan melalui tandukan keras. Namun Barca tidak khawatir.

Menit ke-18 umpan cerdik Messi melewati Sergio Ramos yang gagal membuang bola. Henry berhadapan dengan Iker Casillas dan dengan tenang placing bolanya diarahkan ke tiang jauh. Dua menit kemudian Bernabeu terdiam. Tendangan bebas Xavi tepat mengarah ke Puyol yang menyundul bola dengan bebas. Barca ganti memimpin 2-1.

Barca tetap tampil memukau, di saat Madrid mengintensifkan tekanan. Arjen Robben mengetes kesigapan Victor Valdes, namun Casillas bermain apik. Kiper nomor satu Spanyol itu menggagalkan tiga tembakan keras: dua dari Messi dan satu dari Samuel Eto’o. Kesalahan Lassana Diarra di menit ke-35 harus dibayar mahal. Lass yang memainkan bola terlalu lama di depan kotak penalti disambar Xavi, yang bola mental jadi milik Messi. Dengan tenang Messidona berhasil mengelabui Argentina.

Di babak kedua Madrid tidak menyerah. Madrid akhirnya mampu memperkecil kekalahan di menit ke-56 dari sundulan Sergio Ramos meneruskan tendangan bebas Robben. Namun selang dua menit Barca kembali unggul dua gol. Dari perangkap offside tidak rapih Sergio Ramos, Henry berhasil membuat skor berubah 4-2.

Raul Gonzalez dkk lemas. Madrid tinggal meremukkan musuhnya. Messi menambah kemenangan setelah menerima operan cantik dari Xavi ketika memasuki kotak penalti. Pasukan Barca tetap bernafsu dan kemenangan besar itu ditutup Pique yang ikut membantu serangan. Gol dari bek internasional Spanyol itu merupakan gol ke-100 di La Liga musim ini. Kemenangan yang menjadi modal sebelum berlaga ke Chelsea lalam leg kedua semifinal Liga Champions.

Susunan pemain:

Real Madrid: Casillas; Metzelder, Cannavaro, Heinze, Sergio Ramos (kk) (Van der Vaart 72 (kk)); Gago, Lass, Marcelo (kk) (Huntelaar 59), Robben (Javi Garcia 79 (kk)); Raul, Higuain.

Barcelona: Víctor Valdes; Puyol (kk), Pique, Abidal (kk), Dani Alves; Yaya Toure (Busquets 85), Iniesta (Krkic 85), Xavi; Henry (Keita 61), Eto’o, Messi.

Wasit: Alberto Undiano Mallenco.
sumber dari http://www.liputanbola.com/laliga/?id=29691

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: