Barca dan MU akan Bertarung Jadi yang Terbaik

ROMA – Final Liga Champions semakin dekat. Partai puncak kompetisi antarklub paling bergengsi itu bakal dihelat di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Kamis dini hari WIB (28/5). Barcelona dan Manchester United akan bertarung menjadi yang terbaik.

71343largeSayang, untuk menjadi yang terbaik, kedua tim terancam tak bisa menampilkan pasukan terbaik masing-masing. Barca masih harus menunggu perkembangan kondisi penyerang Thierry Henry dan gelandang serang Andres Iniesta. Sementara itu, United juga dag-dig-dug menanti kepastian kondisi bek Rio Ferdinand.

Henry belum sepenuhnya pulih dari cedera ligamen yang dialami saat Barca membenamkan Real Madrid 6-2 dalam laga El Clasico Liga Primera 2 Mei lalu. Iniesta menyusul dengan cedera paha saat Barca ditahan seri Villarreal 3-3 (10/5).

Meski begitu, dua pemain itu tetap masuk skuad Barca yang dibawa ke Roma. Henry dan Iniesta bahkan sudah ikut berlatih bersama Carles Puyol dkk. Hanya, dua pemain tersebut belum bisa melahap seluruh porsi latihan.

“Saya harap keduanya bisa tampil di final. Mereka sangat penting bagi tim dan pantas untuk bermain di laga seperti itu. Iniesta mengalami musim yang bagus dan Henry mencetak banyak gol musim ini,” tutur Lionel Messi, penyerang Barca, seperti dilansir Sportinglife.

Messi menyadari bahwa kehilangan Henry dan Iniesta akan mengurangi kekuatan Barca, apalagi setelah absennya beberapa pemain belakang, seperti Rafael Marquez dan Diego Milito. Musim ini Henry telah mencetak 25 gol untuk Barca di semua ajang.

Pelatih Barca Pep Guardiola belum bisa memastikan apakah Henry atau Iniesta bisa turun di final. “Saya punya keyakinan. Tapi, saya tidak tahu apa yang akan terjadi nanti,” ucapnya seperti dilansir Associated Press.

Lain lagi Sir Alex Ferguson. Arsitek United tersebut percaya diri bakal bisa memainkan Ferdinand untuk meredam Barca. “Rio sudah berlatih Sabtu lalu (23/5). Dia juga berlatih pagi ini (kemarin, Red). Dia bakal berada di sana (Roma, Red). Dia sudah baik,” ujar Ferguson seperti dilansir AFP.

Ferdinand mengalami patah tulang rusuk saat first leg semifinal melawan Arsenal pada 29 April lalu. Tapi, pemain timnas Inggris itu diyakini sudah bisa menemani Nemanja Vidic di benteng pertahanan United.

Kalaupun Ferdinand absen, Fergie -sapaan Ferguson- masih punya opsi lain.Yakni, memilih antara John O’Shea atau Jonny Evans. Dua pemain itu kerap menjadi pelapis di posisi bek tengah saat Ferdinand atau Vidic absen.

“Segalanya bergantung manajer. Apabila dia menilai saya sudah siap bermain, saya akan bermain melawan Barcelona. Manajer yang bakal membuat keputusan apa yang terbaik bagi tim,” papar Ferdinand.

Sementara itu, Fergie menyadari bahwa lawan yang dihadapi di final adalah salah satu tim terkuat di dunia. Barca memiliki barisan tengah yang kreatif dan tangguh. Karena itu, dia menyiapkan antisipasi untuk membendung derasnya alur serangan Barca. Caranya, bermain lebih sabar dan tidak melayani pola Barca yang terbuka.

“Melawan Barcelona, Anda harus tenang. Chelsea telah menunjukkan itu. Selanjutnya, kami serang mereka pada saat yang tepat,” tegas Fergie.

Yang pasti, duel Barca versus United menjanjikan pertarungan ketat nan seru. Kedua tim sama-sama memperagakan permainan menyerang. Barca telah mencetak lebih dari 150 gol di semua ajang yang mereka lakoni musim ini. United sendiri selalu tampil agresif dengan barisan pemain depan yang menakutkan. Dengan sama-sama bermain terbuka, pertempuran Barca dan United di final Liga Champions menjadi sangat pantas dinantikan. (ham/ca)

Daftar Juara

(10 Musim Terakhir)

2008Man United (Inggris)

2007AC Milan (Italia)

2006Barcelona (Spanyol)

2005Liverpool (Inggris)

2004FC Porto (Portugal)

2003AC Milan (Italia)

2002Real Madrid (Spanyol)

2001Bayern Munchen (Jerman)

2000Real Madrid (Spanyol)

1999Man United (Inggris)

sumber jawapos.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: