SMA Wali Songo Ditutup Diganti SMA Rajawali

Seratus persen (11 orang) siswa SMA Wali Songo tidak lulus Unas. Kenapa? Di balik prestasi buruk ini, ternyata sekolah berlokasi di Jl Simo Jawar Surabaya ini menghadapi banyak masalah.
Selain konflik internal guru dengan yayasan serta latar belakang siswa yang mayoritas dari keluarga miskin, sekolah ini juga kesulitan biayai operasional.

Wakasek Kurikulum Ishag Isoe Maloko mengatakan, SMA Wali Songo menampung siswa dari keluarga miskin dan anak-anak putus sekolah. Jumlah siswa dari tahun ke tahun meningkat. Terakhir tercatat ada 50 siswa, 20 di antaranya siswa kelas XII.

SMA ini kesulitan biaya operasional. Tapi, tak ada bantuan sama sekali dari Dindik Surabaya, meski berulangkali mengajukan permohonan. Seiring kesulitan pendanaan, pada Juli 2008 pihak Yayasan Saka Asta mengganti semua guru.

Dampaknya, terjadi kemelut yang mengacai proses belajar mengajar. Siswa unjuk rasa menuntut guru-guru lama dipekerjakan lagi. Mayoritas siswa pindah sekolah. Dari 20 siswa kelas XII yang bertahan, sembilan di antaranya akhirnya memilih keluar.

Tinggal 11 siswa yang bertahan hingga menjadi peserta Unas 2009. “Tapi minat belajar mereka telah merosot. Setiap pelajaran, ada dua siswa saja sudah bagus,” kata Ishag.

Bak siswa di Laskar Pelangi, para guru berjuang mengajak laskar-laskar tersisa untuk tetap ikut Unas. Tapi, ternyata tak lulus semua. “Baru tahun ini gagal, gara-gara nilai mapel sosiologi melorot (rata-rata 2,00). Mapel lain sebenarnya tak masalah,” ungkap Ishag.

Kini, pihak sekolah berusaha membantu para siswa untuk mengikuti ujian Kejar Paket C. “Saya akan ke Dindik dan meminta mereka membantu supaya anak-anak bisa ikut kejar Paket C,” ujar Ishag.
Tak hanya itu, SMA Wali Songo juga akan ditutup. Sebagai ganti pihak yayasan akan mendirikan SMA Rajawali yang akan menerima siswa baru tahun ini. “Semangatnya masih sama, masih ada unsur wali,’ ujat Ishaq. rey

Ditulis dalam news. Tag: , , . 1 Comment »

Satu Tanggapan to “SMA Wali Songo Ditutup Diganti SMA Rajawali”

  1. islamarket.net Says:

    koq kebalikan dari film laskar pelangi?!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: