Awas, Flu Babi Sudah Ditemukan di 16 Provinsi

Laporan wartawan KOMPAS Elok Dyah Messwati

JAKARTA, KOMPAS.com – Sampai 31 Juli 2009, kasus positif influenza A-H1N1 sudah ditemukan di 16 provinsi di Indonesia. Selain itu, muncul tambahan 16 kasus lagi terdiri dari 10 laki-laki dan 6 perempuan. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Tjandra Yoga Aditama di Jakarta, Jumat (31/7).

Ke-16 provinsi tersebut yaitu Bali, Banten, Yogyakarta,DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Jambi, dan Riau.

Sedangkan tambahan kasus 16 orang tersebut berasal dari provinsi Bali (1 orang), Banten (2 orang), DKI Jakarta (5 orang), Jawa Barat (2 orang), Jawa Timur (1 orang), Kalimantan Selatan (2 orang), dan Riau (3 orang).

Semua kasus baru adalah WNI dan riwayat perjalanan sebelum sakit adalah 2 orang ke Malaysia, 2 orang tidak jelas riwayatnya, dan 12 orang tidak memiliki riwayat k e luar negeri. Dengan demikian sampai tanggal 31 Juli 2009, berjumlah 495 orang terdiri dari 276 laki-laki dan 219 perempuan.

Menurut Tjandra Yoga, upaya kesiapsiagaan tetap dijalankan pemerintah yaitu: penguatan Kantor Kesehatan Pelabuhan (thermal scann er dan Health Alert Card wajib diisi), penyiapan RS rujukan, penyiapan logistik; penguatan pelacakan kontak, penguatan surveilans ILI, penguatan laboratorium, komunikasi, edukasi dan informasi dan mengikuti International Health Regulations (IHR).

Disampi ng itu juga dilakukan community surveilans yaitu masyarakat yang merasa sakit flu agak berat segera melapor ke Puskesmas, sedangkan yang berat segera ke rumah sakit. Selain itu, clinical surveilans yaitu surveilans severe acute respiratory infection (SAR I) ditingkatkan di Puskesmas dan rumah sakit untuk mencari kasus-kasus yang berat. Sedangkan kasus-kasus yang ringan tidak perlu perawatan di rumah sakit.h1n1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: