PREVIEW Liga Primer Inggris: Matchday 1

Chelsea vs. Hull
Kick-off 15 Agustus 2009 19.45 WIB

Chelsea mendapat kesempatan menjadi tuan rumah laga pembuka musim 2009/2010, dengan manajer Carlo Ancelotti meraih trofi pertamanya; Community Shield. Hull, yang musim lalu mengawali musim seperti kereta tapi mengakhirinya seperti traktor, akan mencoba meraih angka pertama di Stamford Bridge.

The Blues tak mengalami banyak perubahan. Satu-satunya nama besar yang diboyong Chelsea adalah Yuri Zhirkov. Pemain asal Rusia itu telah mapan, meski kehadirannya tidak diingin publik Chelsea. Di kubu Hull, Phil Brown berharap banyak pada duet striker Stephen Hunt dan Kamel Ghilas.

Prediksi sanly: Chelsea berpeluang membuka musim dengan kemenangan.

Stoke vs. Burnley
Kick-off 15 Agustus 2009 22.00 WIB

Kali pertama dalam 33 tahun, Owen Coley memimpin Burnley berlaga di kompetisi tertinggi. Sedangkan Stoke memulai musim keduanya di Liga Primer, setelah musim lalu menduduki tempat ke-12.

Kedua tim terakhir kali bertemu 17 bulan lalu, saat keduanya masih di Divisi Championship. Kemenangan itulah yang membuat Stoke promosi ke Liga Primer. Laga keduanya dipastikan berlangsung menarik, karena kedua tim saling mengenal. Terlebih, keduanya tidak banyak melakukan perubahan sepanjang musim panas.

Prediksi sanly: Hasil seri 1-1, atau tanpa gol, karena keduanya akan bermain hati-hati.

Blackburn vs. Manchester City
Kick-off 15 Agustus 2009 22.00 WIB

Mungkin inilah laga paling ditunggu publik sepakbola Inggris. Manchester City menjadi pembicaraan setelah menghabiskan 200 juta pounds untuk membeli pemain. Blackburn, seperti musim lalu, tak banyak aktif di pasar transfer.

City dipastikan akan menurunkan semua pemain barunya; Emmanuel Adebayor, Kolo Toure, Gareth Barry, dan Roque Santa Cruz akan menghadapi mantan timnya. Blackburn berharap banyak pada Nikola Kalinic, yang dibeli dengan harga 6 juta pounds.

Prediksi sanly: Manchester City berpeluang meraih kemenangan di laga pembuka musim, kali kedua dalam lima tahun.

Portsmouth vs. Fulham
Kick-off 15 Agustus 2009 22.00 WIB

Meski telah diambil alih Sulaiman Al Fahim, Portsmouth sama sekali tidak memperlihatkan aktivitasnya di pasar transfer. Mereka tidak berupaya mengganti Jermaine Defoe dan Peter Crouch. Akibatnya, pelatih Paul Hart lebih banyak berharap pada David Nugent. Hart masih berharap bisa meminjam Frederic Piquionne.

Mohammed Al Fayed juga tidak banyak mengeluarkan dana belanja, meski Roy Hodgson mampu menempatkan Fulham di tempat ketujuh, posisi terbaik dalam sejarah klub, musim lalu. Mungkin yang paling menarik dalam laga ini adalah kedua tim berupaya meraih kemenangan laga pertama, dalam lima tahun terakhir.

Prediksi sanly: Fulham berpeluang menang. Portsmouth kemungkinan akan berupaya main imbang.

Bolton vs. Sunderland
Kick-off 15 Agustus 2009 22.00 WIB

Kebijakan uang ketat yang berlaku di Reedbok Stadium tidak membuat pelatih Gary Megson mengeluh. Ia menambah skuadnya dengan mendatangkan Sean Davis, Zat Knight, Sam Rickets, dan meminjam Paul Robinhson.

Steve Bruce hanya akan dipuji publik Black Cats jika mampu menempatkan Sunderland di posisi sebelas musim ini. Ia yakin bisa melakukannya, dengan dukungan Darrent Bent, Lee Cattermole, Lorik Cana, Fraizer Campbell, dan Paolo Da Silva.

Prediksi sanly: Hasil tanpa gol mungkin mengecewakan kedua tim, tapi itulah yang mungkin bisa mereka raih.

Aston Villa vs. Wigan Athletic
Kick-off 15 Agustus 2009 22.00 WIB

Aston Villa tidak pernah memenangkan kandang melawan Wigan di Liga Primer. Wigan selalu kalah di laga pembuka. Keduanya berniat mengakhiri semua itu pekan ini.

Villa harus melakukannya tanpa Martin Laursen dan Gareth Barry, dan Martin O’Neill sejauh ini gagal memenuhi janjinya akan menambah pemain. Sedangkan Wigan membangun kembali dirinya. Di bawah Robert Martinez, Wigan membawa Jason Scotland dan Jordi Gomez, untuk menggantikan Luis Antonio Valencia dan Lee Cattermole, serta Amr Zaki.

Prediksi sanly: Aston Villa berpeluang menang dengan satu gol.

Wolves vs. West Ham
Kick-off 15 Agustus 2009 22.00 WIB

Tiga kali promosi ke Liga Primer, dan tiga kali pula tak mampu bertahan, lalu terdegradasi. Kini Wolves kembali lagi besama pelatih Mick McCarthy. Keduanya punya satu tujuan, memperbaiki reputasi.

Di kubu West Ham, Gianfranco Zola tidak mendapatkan banyak dana untuk belanja pemain. Namun dia setuju manajemen The Hammers menanamkan uang untuk pembinaan pemain. Zola hanya akan berupaya mengulang sukses musim lalu, nangkring di posisi sembilan.

Prediksi sanly: West Ham berpeluang menang dengan satu gol tanpa balas.

Everton vs. Arsenal
Kick-off 16 Agustus 2009 24.30 WIB

Harapan fans kedua klub dihancurkan oleh minimnya aktivitas Everton dan Arsenal di pasar transfer. Arsenal menjual dua pemain; Emmanuel Adebayor dan Kolo Toure, ke Manchester City, tapi hanya membeli Thomas Vermaelen dari Ajax.

Everton masih dengan kebijakan lamanya; belanja pemain murah dari klub-klub di luar Liga Primer. Mereka mendapatkan empat pemain. Sedangkan David Moyes hanya sibuk menolak dan menolak tawaran Machester City untuk Joleon Lescott.

Prediksi sanly: Arsenal akan kesulitan meraih tiga angka pertama, dan harus puas dengan hasil seri.

Manchester United vs. Birmingham
Kick-off 16 Agustus 2009 20.30 WIB

Birmingham kembali ke Liga Primer, dan kini akan berupaya mengalahkan Manchester United (MU) di Old Trafford kali pertama sejak 1978. MU mengawali musim ini dengan target meraih gelar keempat berturutan, meski tidak lagi diperkuat Cristiano Ronaldo dan Carlos Tevez.

Yang menarik, laga ini merupakan pertemuan mentor dan muridnya. Alex McLeish meminta nasehat Alex Ferguson, sebelum meninggalkan timnas Skotlandia dan menangani Birmingham. Fergie pula yang membujuk McLeish meninggalkan kuliah akuntansinya dan fokus menekuni karier pemain sepakbola.

Prediksi sanly: Sang mentor masih memiliki skuad tangguh, dan Birmingham harus pulang dengan kekalahan.

Tottenham vs. Liverpool
Kick-off 16 Agustus 2009 23.00 WIB

Liverpool menghadapi ujian pertama dengan menghadapi Tottenham Hotspurs di White Hart Lane. Di stadion ini Spurs tak terkalahkan di Liga Primer sejak November 2008.

Peter Crouch akan membuat debutnya bersama Spurs, dengan menghadapi The Reds yang menyia-nyiakannya. Robbie Keane, jika dimainkan, juga akan tampil dengan emosi sama. Di kubu The Reds, Rafael Benitez akan memulai hidup tanpa Xabi Alonso di lini tengah.

Prediksi sanly: Hasil imbang tanpa atau dengan gol sudah cukup pantas bagi kedua tim.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: